Belajar
"telephoning" atau making a
phone call bagi anda semua merupakan suatu keharusan dalam belajar bahasa
Inggris. Karenanya silahkan ikuti pembahasan kali ini tentang
"Telephoning, Making a Phone Call" dalam Bahasa Inggris” yang
dilengkapi juga dengan percakapan telepon untuk latihan langsung. Sebelum itu,
kalau bingung dengan bahasa yang digunakan kita perjelas terlebih dahulu bahwa
sesi ini kita akan belajar cara
menelepon dalam bahasa Inggris, sudah tahu?
Dalam
pelajaran ini pertama kita akan belajar bagaimana tata cara dalam menelepon
khususnya dengan kebiasaan dalam bahasa Inggris. Dalam hal ini maka kita akan
mempelajari etika menelpon dan menerima telepon, tentunya dalam ukuran
kesopanan dan profesionalitas. Nanti kita juga akan belajar berbagai ekspresi
atau kalimat-kalimat yang biasa digunakan dalam aktivitas ini. Maka dari itu
penting sekali untuk kita semua mengikuti sesi materi bahasa Inggris ini sampai
selesai.
Tata Cara Telephoning
Dalam
percakapan melalui telepon dengan menggunakan bahasa Inggris yang perlu
diperhatikan secara umum adalah kesopanan dan kesantunan penelpon. Secara
ringkas beberapa tata cara melakukan panggilan telepon yang baik dalam bahasa
Inggris adalah sebagai berikut:
- Speak clearly
- Use the company's preferred greeting, if there is one. If not, state the name of the business
- Be polite and responsive, giving the caller your full attention. Remember that at that moment, you're the company's representative.
- Be as helpful as possible, even if it's not exactly your job to answer the phone.
- Learn how to use the phone's features smoothly.
- Ask permission first if you must put the caller on hold: "Would you mind holding for 1 minute?"
- Don't forget the caller is waiting. Ask them periodically if they'd like to continue to hold, call back or leave a message.
- Transfer the caller to someone who can help, if you can't.
- Take a good message, if applicable, and pass it on to the recipient.
- Thank the caller.
Berbagai
poin di atas menjelaskan bagaimana tata cara making phone call yang bisa kita
pertimbangkan dan jadikan pedoman. Hal pertama yang harus kita perhatikan
adalah kita harus bicara dengan jelas. Jelas disini baik dalam segi pengucapan
maupun volume suara yang kita keluarkan, jadi harus dipastikan bahwa apa yang
kita katakan sampai dengan baik. Selanjutnya, gunakan sapaan (salam) resmi
dalam perusahaan jika ada, jika tidak ada sebutkan nama perusahaannya. Selain
itu berikan perhatian penuh kepada penelpon, sopan dan responsiflah terhadap
penelpon tersebut.
Bantulah
sebisa mungkin meski itu bukan tugas anda. Belajarlah bagaimana menggunakan
fitur telepon dengan baik dan lancar. Jangan lupa meminta ijin sebelum anda
membiarkan penelpon menunggu. Jangan lupa, penelpon sedang menunggu anda. Tanya
apakah dia ingin tetap menunggu, menelpon kembali atau meninggalkan
pesan.
Sambungkan
penelpon kepada orang lain yang dapat membantu jika anda tidak dapat
membantunya. Jangan lupa untuk membuat catatan pesan jika memungkinkan. Jangan
lupa untuk berterima kasih kepada penelpon. Inti dari tata cara di atas
tentunya adalah bahwa kita harus sopan, jelas dan menempatkan penelpon dalam
posisi yang penting dan jangan sampai mengabaikannya.
Ekspresi Kalimat dalam Percakapan
Telepon
Sebagai
langkah awal dalam mempelajari percakapan telepon ini silahkan dipelajari
beberapa ekspresi atau kalimat yang dapat digunakan dalam percakapan telepon
dibawah ini lengkap dengan terjemahannya dalam bahasa Indonesia.
When
you are a caller
- Hello?
- Is that Monica?
- Can I speak to Monica?
- May I speak to Monica?
Bila
Anda penelepon
- Halo?
- Apakah itu Monica?
- Dapatkah saya berbicara dengan Monica?
- Bisa bicara dengan Monica?
When
you are a receiver
- This is Monica speaking, who’s that?
- Who’s speaking please?
- Who’s calling please?
Bila
Anda adalah penerima telepon
- Ini Monica, siapa ini?
- Siapa ini ?
- Siapa nih?
When
you ask the caller to wait
- One moment please.
- Just a minute please.
- Hold on please.
- Hang on please
Ketika
Anda meminta penelepon untuk menunggu
- Tunggu bentar.
- Silakan Tunggu sebentar .
- Tunggu silahkan.
- Tunggu silahkan
When
you ask the caller to leave messages
- Can you leave the message?
- Can I take your message?
- Would you like to leave a message?
- Would you like him/her to call you back?
Ketika
Anda meminta penelepon untuk meninggalkan pesan
- Dapatkah Anda meninggalkan pesan?
- Dapatkah saya mengambil pesan Anda?
- Apakah Anda ingin meninggalkan pesan?
- Apakah Anda ingin dia untuk menelepon Anda kembali?
When
calling the wrong number
- I’m afraid you got the wrong number
- Sorry, I think you reach the wrong number
When
finish talking
- Nice talking to you
- Talk to you later
Ketika
menelepon nomor yang salah
- Aku khawatir kau salah nomor
- Maaf, saya pikir Anda pencet nomer yang salah
Ketika
selesai berbicara
- Senang berbicara dengan Anda
- Sampai nanti
Tidak ada komentar:
Posting Komentar