Sabtu, 12 November 2016

Showing understanding and suggesting solutions



A.        Suggestion (Saran)
1.         Would you be so kind enough + to + Verb
Contoh Kalimat:
Would you be so kind enough to go with me?
(Artinya: Maukah anda berbaik hati untuk pergi dengan saya?)
Would you be so kind enough to help me?
(Artinya: Maukah anda berbaik hati untuk menolong saya?)
Etc.
2.         I would be very grateful if you would ...
Contoh Kalimat:
I would be very grateful if you would come to my party.
(Artinya: Saya akan sangat senang sekali jika anda mau dating ke pestaku)
I would be very grateful if you would help me to finish this task.
(Artinya: Saya akan sangat senang sekali jika anda mau membantu saya menyelesaikan tugas ini)
I would be grateful if you would be here.
(Artinya: Saya akan sangat senang sekali jika kamu ada disini)
Etc.
3.         How/ what about + Gerund (Verb+ ing) ...
Contoh Kalimat:
How about dancing? (Artinya: Bagaimana kalau kita berdansa?)
What about watching TV? (Artinya: Bagaimana kalau kita menonton TV?)
Etc.
4.         Suppose
Contoh Kalimat:
Suppose you agree with my idea.
(Artinya: Mungkin kamu setuju dengan pendapat saya)
Suppose you can leave now.
(Artinya: Mungkin kamu dapat pergi sekarang)
Etc.
5.         Perhaps you would
Contoh Kalimat:
Perhaps you would accept my proposal.
(Artinya: Mungkin kamu mau menerima lamaranku)
Perhaps you would have a dinner with me.
(Artinya: Mungkin anda mau makan malam denganku)
Etc.
Untuk informasi selengkapnya, kami sarankan silahkan baca juga artikel kami mengenai:
Giving Suggestion Menggunakan "Could, Let’s, Why Don’t, Shall I/ We" atau
Giving Suggestion Menggunakan "Should, Ought to, dan Had Better".
B.        Advice (Nasehat)
1.       Menggunakan modal auxiliaries “Must, Ought to, and Should”.
Contoh Kalimat:
You must take care of yourself carefully!
(Artinya: Kamu harus menjaga dirimu sendiri dengan hati-hati)
You ought to write a letter to me not to her.
(Artinya; Kamu seharusnya menulis surat untukku bukan untuknya)
You should study hard.
(Artinya: Kamu seharusnya belajar dengan giat)
Etc.
2.       If I were you I should + Verb
Contoh Kalimat:
If I were you I should work at the hospital.
(Artinya: JIka saya jadi kamu saya akan bekerja di rumah sakit)
If I were you I should take English course.
(Artinya: JIka saya jadi kamu saya akan kursus Bahasa Inggris)
Etc.
3.       You had better + Verb
Contoh Kalimat:
You had better brush your teeth. (Artinya: Kamu lebih baik menggosok gigimu)
You had better refuse this job. (Artinya: Kamu lebih baik menolak pekerjaan ini)
Etc.
4.       Why don’t you + Verb …
Contoh Kalimat:
Why don’t you sit down beside me?
(Artinya: Mengapa kamu tidak duduk di dekatku?)
Why don’t you go home now?
(Artinya: Mengapa kamu tidak pulang sekarang?)
Etc.
5.       It’s time you + Verb 2 (Past Form)
Contoh Kalimat:
It’s time you said the truth.
(Artinya: ini saatnya kamu mengatakan yang sesungguhnya)
It’s time you stopped smoking.
(Artinya: ini saatnya kamu berhenti merokok)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar